Kendaraan-Kendaraan Ini di Modif Untuk bisa Melewati Banjir

Tidak hanya di Indonesia bahwa ternyata Musim penghujan mengakibatkan banjir di mana mana. Hasilnya jelas berbagai aktifitas akan tersendat dan macet selalu menghiasi jalanan yang tergenang air. Meskipun sudah banyak orang faham bahwa apabila mesin motor dan mobil terkena air akan mati dan mogok ternyata banyak juga yang tetap mencoba dan melewati jalan yang tergenang air tersebut.

Nah bagi anda yang memang tidak ingin mobil dan motor mogok mungkin anda bisa melakukan 10 cara seperti kendaraan ini.

1. Knalpot pipa air.




Memutar otak dan mengembangkan kreasinya menjadi sebuah karya yang bermanfaat, kenapa nggak. Seperti si empu mobil Kijang ini. dengan menyambungkan pipa air pada knalpot agar menghadap ke atas dengan harapan mobil bisa menghirup udara ketika menerjang banjir.

2. Knalpot fleksibel.




Menggunakan sepeda motor harus lebih hati-hati saat melewati banjir. Karena jika salah memilih jalan bisa berdampak buruk bagi kendaraan anda. Jangan salahkan pengendara di bawah ini menggunakan knalpot fleksible sebagai cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika harus melalui banjir. Dan, karet besar yang mirip belalai gajah ini pun bisa digunakan dengan cara menyambungkan ke bagian knalpot dan mengikatnya dengan tali plastik.

3. Knalpot membelah langit.




Bukan hanya sekelas mobil Jeep yang biasanya menggunakan knalpot sejenis, ternyata empu si pemilik mobil tersebut selain memodifikasi knalpot menjulang dan membelah langit tersebut juga bisa dijadikan percobaan dalam melewati banjir.

4. Tricycle Jangkung.




Bukan sepeda, tapi motor. Kayanya si pemilik udah niat banget buat jadiin kendaraanya bisa menerjang banjir. Menggunakan tiga roda agar kaki si pengendara bisa tetap aman dari banjir menjadikan kendaraan tersebut seperti nyaman dan aman digunakan sewaktu banjir. Kendala utama yang dihadapi oleh pengendara penerjang banjir atau genangan air adalah terendamnya sektor mesin. Oleh warga Thailand, hal ini diatasi dengan membuat tricycle dengan jarak ground clearance yang super tinggi. Penambahan roda belakang minimal sepasang atau bahkan lebih bertujuan untuk menjaga posisi sepeda motor tetap berdiri. Sedangkan ground clearance-nya yang tinggi membuat mesin tidak sampai terendam oleh genangan air.

5. Tuk Tuk Chopper, Bajaj Kreatif ala Chopper Custom.




Siapa bilang Bajaj nggak bisa lewatin banjir, itu buktinya. Kalau di Indonesia namanya Bajaj, masyarakat Thailand menyebutnya dengan Tuk-tuk. Kreatifitas pemilik tuk-tuk juga bisa di bilang kreatif. Layaknya sebuah motor kustom bergaya chopper yang identik dengan panjang fork depan yang ekstrem serta sudut kemiringan tidak biasanya, Bajaj ini pun mengadopsi keunggulan tersebut. Beda dengan tricycle jangkung, posisi roda belakang kendaraan umum asal India ini memang sudah berjumlah sepasang. Konstruksi suspensi roda belakang yang paten, membuatnya sulit untuk dibuat lebih tinggi lagi. Sehingga perubahan hanya pada penambahan panjang fork depan, yang membuatnya mendongak ke atas. Penambahan bantalan sasis bawah dengan menggunakan ban luar bekas difungsikan untuk menahan benturan yang terjadi ketika Bajaj ini terperosok kubangan air.

6. Becak double tire jangkung.




Momen banjir terkadang juga dimanfaatkan orang untuk mendapatkan keuntungan. Seperti ojek gerobak untuk menembus banjir. Dan ternyata, tukang becak juga nggak mau kalah kreatif agar bisa mendapatkan pelanggan. Becak asal Vietnam ini memiliki tampilan yang ekstra ekslusif. Bentuknya bongsor, dan tinggi. Sebab, sang pemilik memodifikasi sasisnya hingga tak menyulitkannya untuk membelah banjir. Sama dengan yang ada di Tanah Air, di Thailand - becak motor juga menjadi salah satu moda transportasi umum yang cukup favorit. Tak mau kalah dengan kendaraan-kendaraan anti-banjir sebelumnya, becak motor ini juga membuat ground clearance-nya cukup tinggi untuk bisa menerjang genangan air. Keunikannya terletak pada sektor roda belakangnya, tidak pusing dengan urusan penggantian swingarm dan suspensi super panjang, becak motor ini menyusun tingkat roda belakangnya. Dua roda tingkat dengan sedikit modifikasi sistem gear set, tinggi dari dua kali diameter roda cukup efektif membuat ‘tongkrongannya’ lebih tinggi.

7. Motor lima roda.




Motor ini sepertinya mendapatkan sentuhan tangan yang teramat jahil. Meski tak ada identitas motor apa yang disulap, namun penampilannya terlihat ekstrem berkat lima roda yang didaulatnya. Sang pemilik sepertinya sengaja membuat boncengan berdiri untuk dua penumpang di belakangnya.

8. Motor panggung empat roda.




Motor ini mungkin menjadi salah satu motor yang tertinggi. Sebab, memiliki ketinggian hampir dua meter. Agar tak goyah, sang pemilik membuat empat roda agar tetap stabil saat digunakan. Motor ini memiliki dua rantai panjang yang kemudian dihubungkan dengan dua roda belakangnya. Tak disebutkan asal negara motor ini berada. Bukan merupakan panggung yang berjalan, namun sebenarnya motor anti-banjir yang satu ini berbentuk seperti panggung, lengkap dengan keempat roda yang menopangnya. Nampak seperti sebuah mobil beroda empat, sejatinya kendaraan anti-banjir ini merupakan modifikasi dari sepeda motor biasa. Wujudnya yang seperti panggung bertingkat membuatnya sangat unik.

9. Mobil Drum.




Masih dari negara yang sama, Thailand, sebuah mobil pikap disulap menjadi sebuah “perahu”. Mobil yang kerap digunakan mengangkut korban banjir ini dijejali beberapa drum agar tetap mengambang saat air meninggi. Entah apa yang menjadi inspirasi warga Thailand dengan model mobil berpelampung drum ini. Tanpa mengubah tinggi ground clearance-nya, mobil ini hanya ditambahi pelampung dari drum yang dipasangkan di samping kanan-kiri bodi mobil.

10. Knalpot di depan.

Kreatif - Sejumlah Kendaraan Ini Dirancang Anti-Banjir
Entah siapa yang memodif kendaraan ini. Sungguh kreatif ide yang muncue di pikiran mereka.
Jadi anda tidak perlu kuatir jika ingin berpergian. Meskipun ada banjir yang menghadang kendaraan anda tidak akan mogok di jalan. Semoga 10 kendaraan kreatif tersebut dapat menginspirasi anda yang kebingungan saat banjir melanda kota.

(Sumber: otosia.com)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »